Rabu, 14 Desember 2011

PENYAKIT BUSUK DAUN TANAMAN TOMAT


Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) telah lama dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Tomat ditanam di pekarangan atau ditanam dalam petak-petak kecil, dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Seperti tanaman sayuran lainnya, banyak penyakit yang menyerang tanaman ini. Salah satu penyakit yang menyerang tomat adalah busuk daun.
Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur, jamur yang menyerang tomat sama dengan jamur yang menyebabkan busuk daun pada kentang Phytophthora infestans. Untuk tomat di dataran tinggi busuk daun merupakan penyakit yang sangat merugikan, khususnya di musim hujan. Penyakit ini tidak terdapat pada tomat yang ditanam pada dataran rendah.
Gejala yang ditimbulkan oleh jamur ini dapat timbul pada semua tingkat perkembangan tanaman. Timbulnya bercak hitam kecoklatan atau keunguan dapat timbul pada anak daun, tangkai, atau batang, jika lingkungan mendukung maka jamur ini dapat meluas dengan cepat sehingga dapat mengakibatkan kematian. Pada buah penyakit ini juga dapat timbul pada semua tingkat perkembangannya. Bercak berwarna hijau kelabu kebasah-basahan meluas menjadi bercak yang bentuk dan besarnya tidak tertentu. Dalam pengangkutannya penyakit dapat menyebabkan busuk lunak dan berair, yang mungkin terutama disebabkan oleh jasad-jasad sekunder (Walker, 1952).
Faktor-faktor yang mempengaruhi penyakit busuk daun tomat antara lain tingginya curah hujan, kelembaban nisbi udara yang tinggi dan suhu yang rendah. Jamur akan tumbuh optimal pada kelembaban 100%, suhu optimum 18-22 ºC.
Semua varietas tomat ternyata rentan terhadap busuk daun. Sehingga dalam pengendalian yang ditempuh selama ini adalah dengan pengaplikasian fungisida dan menghindari penanaman pada musim penghujan. Akan tetapi petani tak dapat menghindari penanaman pada musim penghujan sehingga tidak menutup kemungkinan pengaplikasian fungisida dalam penanganan penyakit busuk daun

3 komentar:

  1. Cara mengatasi busuk daun pada tomat bagaimana?

    BalasHapus
  2. busuk daun pada tomat disebabkan oleh jamur " embun bulu " yg muncl karena intensitas hujan / kelembaban udara pd malam hr yg terlalu tinggi, hal ini bisa di cegah dengan penyemprotan bio trico glio secara periodik seminggu sekali dosis 5 ml/lt air atau 10 gr/ 10lt air & dosis 10 ml/lt air atau 25 gr / 10 lt air untuk penyembuhan tanaman yg terserang.

    BalasHapus
  3. Untuk mencegah kriting bgaimana ya...?

    BalasHapus