Rabu, 14 Desember 2011

JENIS-JENIS LALAT BUAH PENTING


Jenis-jenis lalat buah yang penting dari genus bactrocera,dacus dan adrama

1. B.Dorsalis  nama umumnya lalat buah belimbing. tanaman inangnya BELIMBING,APEL ,KLUWIH.
2. B.Dorsalis,B.pedestris nama umum papaya fruit fly,tanaman inangnya KLUWIH,NANGKA,JAMBU METE DAN JERUK.
3. B.Ferrugineus,B.Conformis nama umum oriental fruit,tanaman inangnya SITRUS,APEL,PEAR,PEPAYA,CABAI,JAMBU AIR CENGKEH DAN MANGGA
4. B.albistrigata tanaman inangnya JAMBU AIR,JAMBU BIJI,JAMBU BOL,NAGKA.
5. B. cucurbitae coquilllett nama umummelon fly ,tanaman inangnya MELON,BLEWAH,MENTIMUN,PARIA.
6. B. maculipennis,D,hegeni,D.nubilus,D caudatus( fabicius ) tanaman inangnya MENTIMUN,CERI,DAN TANAMAN CUCURBITACEAE LAIN.
7. B.fasciatipennis,D.diffusus,D.fascipennis,D.frenchi ( froggatt) nama umum lalat buah nangka , tanaman inangnya KLUWIH,NANGKA,CEMPEDAK.
Dan masih banyak kalo di sebutkan satu persatu.
 Pengendalian lalat ini :
1. Menggunakan atraktan yaitu menggunakan sek feromon yg di tempatkan dalam botol untuk menarik lalat jantan masuk kedalam botol sehingga dapat mengurangi pembuahan / perkawinan pada lalat betina.
2. menggunakan lem lalat yang di campur dg jenis pemikat lalat jantan ,lem bisa di oleskan pada berbagai media spt botol dan usahakan warnanya yg cerah spt warna kuning ,penempatan lem lalat sebaiknya di luar area dg jarak antar perangkap 5 m mengelilingi lahan.
3. dengan menggunakan insektisida, pemakaian insektisida sebaiknya menggunakan insektisida yang mampu membunuh secara kontak,dan juga mampu membasmi telur2 dan larva yg ada di dalam buah. penyemprotan akan efektif bila di lakukan pada petang hari,karena LALAT buah ini aktif dari pagi hingga sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar